Laman

15 Desember 2015

JEJAK PERADABAN DI DESA PENAMBANGAN

   Penambangan adalah sebuah nama Desa yang ada di Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Di desa Penambangan ini terdapat 3 Dusun, yaitu Dusun Penambangan, Dusun Kedungsari, dan Dusun Surungan. Kita akan membahas desa Penambangan secara umum, Penambangan artinya tempat menyeberang kemungkinan berasal dari kata Panumbangan yang terdapat dalam Naditira Pradesa yaitu salah satu penyeberangan di sungai.


   Bila kita melihat dari Google Earth maka akan terlihat ada 2 aliran sungai yang melintas di desa ini, di sebelah utara ada Sungai Mas di sebelah selatan ada Sungai Mangetan. Dan tepat di Dusun Kedungsari Sungai Mangetan mempunyai cabang ke utara sampai ke Dusun Surungan, selanjutnya alirannya mengiringi Sungai Mas.

   Kita masih kesulitan mencari titik pelabuhan penyeberangan di daerah Panumbangan tersebut, karena terdapat 3 aliran sungai di desa ini, tetapi di aliran Sungai Mas sekarang terdapat tempat penyeberangan atau biasa disebut tambangan yang terletak di Dusun Surungan sebelah barat pasar Surungan. Selanjutnya di sebelah timur lapangan Penambangan, dekat perempatan Bakalan yaitu di Sungai Mangetan kemungkinan dahulu kala juga terdapat tempat penyeberangan. Menurut informasi disekitar tambangan Surungan, pada tahun 1990-an ada seorang penambang pasir pernah menemukan sebuah peti kayu yang berisi perhiasan dari emas, namun kini benda-benda tersebut sulit dicari keberadaannya. Konon ketika terdengar penemuan peti yang berisi perhiasan emas tersebut, banyak toko-toko emas dari Surabaya yang membeli benda-benda tersebut.

batu bata kuno
   Selanjutnya, penelusuran kami berlanjut pada pemakaman Dusun Penambangan, di pemakaman Dusun Penambangan ini sangat banyak dijumpai bata-bata kuno yang telah beralih fungsi menjadi batu nisan, alas jalan, pembatas makam, dan juga ada yang ditumpuk begitu saja. Menurut informasi seorang juru kunci (kuncen) bahwa bata-bata kuno tersebut tidak tahu darimana asalnya, karena sudah ada di situ sejak dahulu.


   Di pemakaman tersebut terdapat juga makam-makam yang dikeramatkan, yang dianggap sebagai leluhur desa Penambangan, namun sayangnya makam tersebut telah dipugar sehingga sulit dilacak jejak peradabanya. Tidak jauh dari pemakaman, sekitar 20 meter sebelah timur pemakaman terdapat sebuah lumpang atau yoni di sebelah rumah warga.

lumpang atau yoni
   Dari semua yang kami temukan di sekitar pemakaman Dusun Penambangan, membuat kami yakin bahwa dahulu pernah ada sebuah pemukiman di sekitar pemakaman tersebut, mungkin pemukiman para pedagang.

   Demikian yang bisa kami sampaikan tentang penelusuran di desa Penambangan, kurang lebihnya kami mohon maaf, terimakasih...

2 komentar:

  1. sebagai anak cucu leluhur tak lupa akan melestarikan budaya Leluhur Nusantara

    BalasHapus