Laman

10 Desember 2015

JEJAK PERADABAN DI DESA SUWALUH

   Desa Suwaluh termasuk dalam Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo, di Desa Suwaluh ini terdapat 2 dusun yaitu Dusun Pelawangan Lor dan Dusun Pelawangan Kidul.
area pelawangan lor & pelawangan kidul

     Jejak peradaban di desa Suwaluh sangat banyak dan merata, terutama di persawahan Pelawangan, terdapat banyak gumukan yang tersebar di persawahan tersebut, juga 2 tempat yang disebut Pelawangan Lor dan Pelawangan Kidul.
persawahan di pelawangan
   Selain itu jejak peradaban juga ada di sekitar area masjid Agung Purboyo dan wilayah yang berbatasan dengan Dusun Wringinpitu dan Desa Waruberon. Beberapa waktu yang lalu ada sebuah komunitas Pecinta Sejarah dan Budaya mengadakan eskavasi mandiri di Pelawangan Kidul mereka melakukan penggalian seizin pemilik tanah dan pemerintah Desa Suwaluh.

Berikut foto-foto kegiatan mereka:



   Menurut hasil penelitian mereka bahwa di desa Suwaluh ini khususnya di Pelawangan pernah ada pemukiman era Majapahit, bahkan baru baru ini ITS turut melakukan riset di Pelawangan dengan menggunakan Georadar yang hasilnya kemudian diseminarkan di gedung seminar ITS tahun lalu, Hasil analisis foto satelit dan hasil Georadar menyatakan bahwa pernah ada sebuah pemukiman kuno di Desa Suwaluh.



   Demikianlah yang bisa kami sampaikan dalam penelusuran Jejak Peradaban di Desa Suwaluh ini, kurang lebihnya kami mohon maaf yang sebesar besarnya. Terima kasih...

4 komentar: