G A R D A W I L W A T I K T A

Blog ini bertujuan sebagai wadah/sarana ilmu pengetahuan, sejarah, mitos, dan juga pencarian jejak-jejak peradaban peninggalan Kerajaan-kerajaan di Nusantara.
Silahkan bagi yang ingin mengikuti komunitas ini kita bisa belajar bersama-sama, karena kami juga sangat minim pengetahuan, dan diharapkan kita bisa sharing berbagai informasi tentang sejarah yang ada di Nusantara ini...

Laman

16 Mei 2024

Situs Guo dan Perspektifnya

          Situs Guo merupakan peninggalan dari Majapahit dilihat dari bentuk dan Struktur batu bata merah. Bangunan peninggalan Kerajaan Majapahit yang berada di Desa Seketi Kecamatan Balongbendo merupakan berbentuk lorong atau masyarakat setempat menyebut Situs Guo. Menurut cerita tutur Masyarakat setempat Situs ini merupakan jalur pelarian seperti hal nya struktur yang berada di Sumur Upas Trowulan ada beberapa jalur yang berada di situs Guo yang Utara mengarah ke Sungai mas yang mengalir ke arah sungai Terung kemudian jalur selatan mengarah ke Jolotundo dan ke barat mengarah ke sumur Upas.

       Tentu nya cerita tutur tersebut harus di buktikan dengan kajian atau penelitian pihak terkait apakah ada kesamaan bangunan Situs Guo dan Situs Sumur Upas yang berada di Trowulan karena banyak para sesepuh yang menceritakan Sumur Upas banyak sekali lorong lorong rahasia yang di gunakan untuk jalur pelarian antara lain jalur ke Segoro Kidul , Sumber Boto , Guo Gembyang , Guo Segolo golo, Kedaton Tarik , Guo Seketi .

        Di situs Guo atau lebih populer masyarakat setempat menyebutnya makam Mbah prabu Joko . Sebenarnya nama Prabu Joko merupakan sanepan Nama itu dikaitkan dengan Prabu Hayam Wuruk yang pernah berkunjung atau singgah ke sana karena Prabu Hayam Wuruk pernah memimpin di Kahuripan sebelum menjadi Raja di Majapahit .

       Apakah ada korelasinya tentang cerita tutur dan temuan yang ada  ? Biarkan yang ahli yang menjawab  

Wassalam...

Prasetyo , Penulis .

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Pecinta Sejarah dan Budaya - GARDA WILWATIKTA Tado Singkalan - "Menapak Jejak, Mematri Semangat, Mengunggah dan Melestarikan Peradaban Nusantara"

Garda Wilwatikta