G A R D A W I L W A T I K T A

Blog ini bertujuan sebagai wadah/sarana ilmu pengetahuan, sejarah, mitos, dan juga pencarian jejak-jejak peradaban peninggalan Kerajaan-kerajaan di Nusantara.
Silahkan bagi yang ingin mengikuti komunitas ini kita bisa belajar bersama-sama, karena kami juga sangat minim pengetahuan, dan diharapkan kita bisa sharing berbagai informasi tentang sejarah yang ada di Nusantara ini...

Laman

18 September 2020

BALE LAYANG SAKTI SEBUAH PESAN DARI MASA LALU


    Semangat Pelestarian Sejarah dan Budaya begitu kuat di desa Seketii Balongbendo Sidoarjo ini dengan konsistennya penyelenggaraan kegiatan berbasis Budaya digelar , salah satunya menyiapkan sebuah tempat untuk menyimpan tinggalan tinggalan masa lalu di desa Seketi . Sejak tahun 2019 sebuah etalase disiapkan untuk menyimpan temuan fragmen miniatur Candi yang ditemukan di Situs Guo , beberapa Fragmen gerabah juga bata kuno dari Sentono Projo ditaruh di Resto Pendopo Sejahtera Balai Desa Seketi , beberapa hari sebelum digelar Festival Kampung Bambu tahun 2020 mas Ferry Aries Tya Sekretaris Desa Seketi , mas Agus Mulyono Lakon Jagad dan saya ( penulis ) mencoba mencari sebuah nama untuk tempat menyimpan artefak , mas Ferry menyebutkan kalau peta tinggalan Sejarah dibeberapa titik jika dihubungkan akan berbentuk layangan ,dari sana nama tersebut dijadikan usulan nama yang kemudian ditambah nama Bale didepan kata layang oleh mas Agus Mulyono dan dirangkai dibelakangnya dengan kata Sakti , akhirnya kami putuskan namanya Bale Layang Sakti .


        Bale Layang Sakti adalah sebuah tempat menyimpan Artefak artefak masa silam desa Seketi yang maknanya kurang lebih sebagai Pesan dari masa silam Seketi yang harus dilestarikan , Senin 14 September 2020 atas saran mas Agus Mulyono atau biasa disebut Mbah Mulo kami bergerak mencari tambahan artefak untuk menambah koleksi Bale Layang Sakti dimakam Seketi yang berada diselatan balai desa Seketi . 

         Sebelumnya Sabtu 12 September 2020 beberapa orang pemuda Karang Taruna mengangkut 2 buah Lumpang batu sumbangan Kasun mas Heri ke Bale Layang Sakti dibawa dari belakang rumah mas Heri dengan motor angkut roda tiga .


              Dalam pencarian kami itu mendapatkan cukup banyak artefak antara lain yang terbuat dari batu Andesit , Gerabah , tembikar , keramik asing , bata kuno , bata lengkung dan koin kuno kolonial . Setelah kami kumpulkan disalah satu sudut makam , kami menghubungi mas Ferry untuk minta bantuan  alat untuk mengangkut artefak  artefak tersebut ke Bale Layang Sakti , kemudian mas Sokif salah satu perangkat desa datang dengan alat angkut beroda satu ke makam , akhirnya artefak artefak diangkut ke lokasi kemudian dibersihkan oleh mas Candra dan Mbah Mulo .

   Pada hari Rabu malam 16 September 2020 setelah selesai pembuatan Bale Layang Sakti Mbah Mulo , Moch Azriel , Ahmad Mambo ,  Penulis dibantu pemuda karang taruna menata artefak artefak agar bisa ditampilkan acara Sinau Bareng besoknya .
Share:

3 komentar:

  1. Smoga sarana Bale Layang Sakti bisa menambah wawasan sejarah dan pelestarian benda cagar budaya kpd warga Seketi dan sekitarnya

    BalasHapus
  2. Budaya luhur nusantara wajib dilestarikan

    BalasHapus
  3. Luar biasa sangat menginspirasi perjuangan menyelamatkan dokumen historis yang sangat penting master Rahayu....

    BalasHapus

Komunitas Pecinta Sejarah dan Budaya - GARDA WILWATIKTA Tado Singkalan - "Menapak Jejak, Mematri Semangat, Mengunggah dan Melestarikan Peradaban Nusantara"

Garda Wilwatikta