G A R D A W I L W A T I K T A

Blog ini bertujuan sebagai wadah/sarana ilmu pengetahuan, sejarah, mitos, dan juga pencarian jejak-jejak peradaban peninggalan Kerajaan-kerajaan di Nusantara.
Silahkan bagi yang ingin mengikuti komunitas ini kita bisa belajar bersama-sama, karena kami juga sangat minim pengetahuan, dan diharapkan kita bisa sharing berbagai informasi tentang sejarah yang ada di Nusantara ini...

Laman

30 Desember 2016

MENYUSURI JEJAK PERADABAN KAHURIPAN


   Dengan memakai dua motor team Garda Wilwatikta Tado Singkalan menuju Urangagung Sidoarjo, situs yang ditemukan warga dusun Njaretan Desa Urangagung pada Januari 2016 lalu.

Temuan Situs Sendang Agung

Temuan Situs yang Terendam Air
   Ada empat titik yang sudah ditemukan oleh warga yang berupa bangunan kanal yang diduga era Kediri atau Kahuripan. Sebuah sumur dan beberapa struktur yang diduga berkaitan, namun ketika kami berkunjung pada 29 Desember 2016 lalu temuan situs telah tertutup genangan air sehingga tidak terlihat.



Air Situs Sendang Agung

   Situs Urangagung lebih dikenal dengan situs Sendang Agung yang airnya dipercaya bisa menjadi obat bagi beberapa penyakit. Menurut bapak Achmad Faruq, BPCB Jatim hanya datang sekali saja selanjutnya masyarakat Dusun Njaretanlah yang merawat Situs ini dengan swadaya, hasil dari kotak yang ditaruh di situs oleh masyarakat dibuat untuk membangun bangunan semi permanen untuk melindungi situs.

Dialog dengan bapak Ahmad Faruq

Aziz, Eko J, Noval, Agus S

   Dari Situs Sendang Agung kami segera menuju Punden Sidokare di kota Sidoarjo, kamipun tiba di punden Sunan Lintang Mukti yang berada di tengah perum Sidokare Asri. Di punden yang dipandegani Bapak H. Guntur ini suasana sedang sepi, tiada seorangpun yang berada di tempat ini.

Area Punden Sunan Lintang Mukti

Artefak di Punden Sidokare
   Setelah mendokumentasi artefak-artefak temuan yang berada di sini kami melanjutkan perjalanan menuju Candi Pari dan Candi Sumur yang berada di Desa Candipari Porong.

Candi Pari
   Dengan panduan Google Maps yang diikuti mas Aziz, kamipun dapat segera menemukan lokasi Candi Pari. Candi Pari merupakan salah satu Candi Siwa yang diduga dibangun pada masa pemerintahan Maharaja Hayam Wuruk tak jauh dari Candi ini terdapat sebuah Candi yang disebut Candi Sumur, kemungkinan besar dahulu kedua Candi tersebut dalam satu kompleks.


Candi Pari

Artefak Candi Pari

Candi Sumur

   Demikianlah perjalanan Garda Wilwatikta dalam menyusuri Jejak Peradaban Kahuripan kali ini.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Pecinta Sejarah dan Budaya - GARDA WILWATIKTA Tado Singkalan - "Menapak Jejak, Mematri Semangat, Mengunggah dan Melestarikan Peradaban Nusantara"

Garda Wilwatikta