G A R D A W I L W A T I K T A

Blog ini bertujuan sebagai wadah/sarana ilmu pengetahuan, sejarah, mitos, dan juga pencarian jejak-jejak peradaban peninggalan Kerajaan-kerajaan di Nusantara.
Silahkan bagi yang ingin mengikuti komunitas ini kita bisa belajar bersama-sama, karena kami juga sangat minim pengetahuan, dan diharapkan kita bisa sharing berbagai informasi tentang sejarah yang ada di Nusantara ini...

Laman

31 Juli 2020

Museum Kreweng

Upaya melestarikan Sejarah khususnya fragmen fragmen Terakota , tembikar dan gerabah peninggalan masa lalu dilakukan oleh dua anggota Komunitas Pelestari Sejarah Lakon Jagad yaitu Agus Mulyono dan Candra , dengan izin Mbah Sahuri mereka berdua mendirikan sebuah tempat untuk menyimpan temuan temuan fragmen Terakota atau biasa disebut Kreweng diselatan temuan Situs Terung dengan konsep out door . 
      Dengan alat dan bambu bambu seadanya mereka membuat meja demi meja untuk memuat pecahan pecahan terakota tersebut , kemudian tempat  tersebut mereka namakan Museum Kreweng ,dalam perkembangan selanjutnya beberapa orang dari berbagai komunitas maupun warga Terung Wetan sendiri merapat ikut memberikan perannya , terutama perangkat desa seperti RT dan RW setempat .

      Dengan sukarela mereka membantu menambah koleksi museum Kreweng dengan menyumbangkan fragmen fragmen arkeologi yang mereka temukan sehingga museum ini menjadi daya tarik tersendiri disamping situs yang berada disebelah utaranya . Beberapa rekan media juga meliputi kegiatan museum ini hingga museum Kreweng dikenal didunia maya ... Semoga upaya dan kerja keras Agus Mulyono , Candra menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya warga Terung Wetan untuk mencintai sejarah masa lalu di desanya , melalui museum Kreweng ini masyarakat dan kita semua bisa melihat kehebatan peradaban leluhur di masa lalu terutama tentang sejarah Kadipaten Trung ....

Terimakasih ...

Agus Subandriyo , Penulis 
Share:

2 komentar:

Komunitas Pecinta Sejarah dan Budaya - GARDA WILWATIKTA Tado Singkalan - "Menapak Jejak, Mematri Semangat, Mengunggah dan Melestarikan Peradaban Nusantara"

Garda Wilwatikta