G A R D A W I L W A T I K T A

Blog ini bertujuan sebagai wadah/sarana ilmu pengetahuan, sejarah, mitos, dan juga pencarian jejak-jejak peradaban peninggalan Kerajaan-kerajaan di Nusantara.
Silahkan bagi yang ingin mengikuti komunitas ini kita bisa belajar bersama-sama, karena kami juga sangat minim pengetahuan, dan diharapkan kita bisa sharing berbagai informasi tentang sejarah yang ada di Nusantara ini...

Laman

31 Juli 2020

Jejak Peradaban di dusun Ngembul desa Kepuh Klagen Wringinanom Gresik

   

       Dusun Ngembul berada didesa Kepuh Klagen Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik Jawa Timur juga memiliki jejak peradaban kuno sebagaimana dusun Klagen ,hal ini diduga berdasarkan temuan temuan yang ada disekitar pemakaman dusun Ngembul .

      Sekitar dua minggu yang lalu mas Dedik Klagen bersama penulis melakukan penelusuran di pemakaman Ngembul , dalam  penelusuran kami tersebut didapati bata bata kuno yang berukuran besar beralih fungsi menjadi Nisan , pecahan tembikar ,gerabah , lumpang batu kecil dan keramik asing serta beberapa nisan kuno era klasik . Dari galian parit yang baru dibuat juga ditemukan pecahan bata kuno dibeberapa titik ,mungkin pernah ada struktur bata disekitar makam , juga ditemukan pula pecahan bata bata lengkung yang oleh warga disusun lagi diatasnya kemungkinan dulu dibawahnya terdapat sebuah sumur kuno .

            Tak jauh dari pemakaman terdapat sebuah sumber air atau Sendang , pohon kepuh dan pohon beringin , menurut penuturan mas Dedik sumber air tersebut sudah ada sejak dahulu ,kini diperluas kembali , konon sejak dahulu sumber air tersebut ada dua tempat yang bersebelahan , bisa jadi itu untuk pemisahan Gender antara laki laki dan perempuan. ( lihat Video selengkapnya disini klik https://youtu.be/fPuwhCM2ilQ )


          Dalam kesempatan itu kami berdua melihat bata bata kuno betebaran dibawah pohon beringin ,sebagian terjepit diakar akar pohon ,hal ini membuat kami menduga kalau disekitar tempat ini ada sebuah pemukiman yang cukup ramai pada masa itu .

Adanya peralatan memasak seperti lumpang dari batu Andesit , pecahan gerabah lokal bahkan keramik asing ,adanya sumur kuno dan sumber air itulah yang membuat dugaan adanya pemukiman didusun Ngembul ini cukup mengemuka bagi kami , semoga akan ada temuan lain yang lebih memperkuatnya ..


Terimakasih 

Agus  Subandriyo , penulis.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Pecinta Sejarah dan Budaya - GARDA WILWATIKTA Tado Singkalan - "Menapak Jejak, Mematri Semangat, Mengunggah dan Melestarikan Peradaban Nusantara"

Garda Wilwatikta