G A R D A W I L W A T I K T A

Blog ini bertujuan sebagai wadah/sarana ilmu pengetahuan, sejarah, mitos, dan juga pencarian jejak-jejak peradaban peninggalan Kerajaan-kerajaan di Nusantara.
Silahkan bagi yang ingin mengikuti komunitas ini kita bisa belajar bersama-sama, karena kami juga sangat minim pengetahuan, dan diharapkan kita bisa sharing berbagai informasi tentang sejarah yang ada di Nusantara ini...

Laman

13 Agustus 2020

Situs Kuno kalah dengan Kepentingan Perut


         Kerusakan pada Situs kuno kembali terjadi , kali ini situs yang berada didusun Kedung Ploso desa Kedung Bocok Tarik Sidoarjo , situs yang berupa struktur pondasi berada dibarat sungai Klinter tepatnya dibarat temuan pertama Situs Alas Trik pernah disidak Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur tanggal 21 Februari 2018 yang silam .

        Memang sangat disayangkan hal ini terjadi , tanggal 9 Agustus 2020 area tersebut dibajak atau dibrujul oleh penggarap lahan dengan menggunakan traktor ,diduga kuat struktur bata kuno ikut hancur .

Padahal selama 2 tahun ini aktivitas pertanian dilahan tersebut tidak pernah merusak temuan struktur bata kuno , mungkin karena belum adanya koordinasi antara pihak Pemerintah Desa dengan pemilik lahan tentang adanya temuan situs tersebut sehingga terjadilah hal itu .


         Tidak respon apapun dari pihak Desa maupun masyarakat setempat tentang aset yang sangat berharga tersebut , penulis dan beberapa orang peduli Situs Awal Majapahit ini amat kecewa dengan kenyataan ini .

Tentu saja semua rugi ....
Share:

1 komentar:

  1. Untuk melestarikan peninggalan sejejarah dan budaya memang bukan hal mudah, diperlukan kerjasama berbagai pihak antara lain pemerintah desa masyarakat dan dibantu para komunitas pelestarian budaya mereka harus bersinergi kompak dan benar-benar punya kepedulian terhadap pelestarian budaya didaerahnya, karena pelestarian budaya negeri ini adalah tanggungjawab kita bersama... tetap semangat..

    BalasHapus

Komunitas Pecinta Sejarah dan Budaya - GARDA WILWATIKTA Tado Singkalan - "Menapak Jejak, Mematri Semangat, Mengunggah dan Melestarikan Peradaban Nusantara"

Garda Wilwatikta