G A R D A W I L W A T I K T A

Blog ini bertujuan sebagai wadah/sarana ilmu pengetahuan, sejarah, mitos, dan juga pencarian jejak-jejak peradaban peninggalan Kerajaan-kerajaan di Nusantara.
Silahkan bagi yang ingin mengikuti komunitas ini kita bisa belajar bersama-sama, karena kami juga sangat minim pengetahuan, dan diharapkan kita bisa sharing berbagai informasi tentang sejarah yang ada di Nusantara ini...

Laman

21 Mei 2016

JEJAK PERADABAN DUSUN LUWUNG DAN SUMOTUWO

   Persebaran peradaban kuno semakin hari semakin luas saja, setidaknya begitulah yang kami temui di berbagai dusun yang telah ditelusuri. Begitu juga di Dusun Luwung yang merupakan salah satu dusun yang berada di Desa Sumokembangsri Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Menurut informasi yang kami tampung dari beberapa orang warga setempat salah satunya adalah mas Suyanto, dahulu tempat yang sekarang di sebut dusun Luwung itu dan mungkin dusun-dusun lainnya yang berada di sekitarnya disebut sebagai Wonoasri. Wono artinya hutan, Asri artinya masih alami atau mungkin juga indah, jadi kalau dimaknai ialah hutan yang masih alami dan indah.

Share:

18 Mei 2016

JEJAK PEMUKIMAN KUNO DUSUN PANGGUL

   Pada kesempatan kali ini, Senin 9 Mei 2016 Team Garda Wilwatikta Tado Singkalan kembali menelusuri jejak peradaban kuno di suatu dusun di wilayah Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto, yaitu di Dusun Panggul. Pagi yang cukup cerah itu penulis mengajak putri sulungnya untuk ikut menyertainya. Seorang anggota komunitas Garda Wilwatikta dari Mojokerto menjadi pemandu penelusuran hari ini yaitu mas Alpandi Mustofa.



Share:
Komunitas Pecinta Sejarah dan Budaya - GARDA WILWATIKTA Tado Singkalan - "Menapak Jejak, Mematri Semangat, Mengunggah dan Melestarikan Peradaban Nusantara"

Garda Wilwatikta