G A R D A W I L W A T I K T A

Blog ini bertujuan sebagai wadah/sarana ilmu pengetahuan, sejarah, mitos, dan juga pencarian jejak-jejak peradaban peninggalan Kerajaan-kerajaan di Nusantara.
Silahkan bagi yang ingin mengikuti komunitas ini kita bisa belajar bersama-sama, karena kami juga sangat minim pengetahuan, dan diharapkan kita bisa sharing berbagai informasi tentang sejarah yang ada di Nusantara ini...

Laman

21 Mei 2017

Misteri Lumpang di Makam Mbah Derpo


   Lumpang adalah sebagai salah satu peralatan dalam dapur yang biasanya terbuat dari batu. Dalam era klasik lumpang ini sangat dominan di pawon (Dapur). Fungsi lumpang adalah untuk menumbuk padi atau bahan makanan yang lain, sementara untuk menumbuknya diperlukan sebuah benda yang memanjang yang biasanya disebut Alu. Alu ini bisa terbuat dari kayu atau dari batu, tergantung kegunaan dari lumpang tersebut untuk menumbuk apa, kalau untuk menumbuk padi biasanya alunya terbuat dari kayu.
Share:

16 Mei 2017

Perjalanan Sore


   Adalah kisah dari Dusun Semengko, tentang leluhur yang pertama kali melakukan babat alas di Dusun Semengko. Nama beliau adalah Mbah Kaulan begitu warga Semengko menyebutkannya, di suatu tempat di tepi jalan desa ada sebuah sumur yang konon airnya tiada pernah surut walaupun diambil semua orang di Dusun Semengko,
Share:

1 Mei 2017

Kedaton Kasepuhan Mojopahit


   Di sebuah hutan yang terletak di delta sungai brantas merupakan sebuah wilayah dari Alas’e Wong Trik, demikian serat pararaton menyebutkannya. Tampak dua orang yang telah berusia lanjut, seorang lelaki dan seorang wanita sedang berjalan kaki menyusuri hutan yang sangat lebat. Dari penampilan pakaiannya mereka berdua adalah pertapa yang sedang melakukan perjalanan jauh menuju Kotaraja Kahuripan untuk sebuah keperluan.

Share:
Komunitas Pecinta Sejarah dan Budaya - GARDA WILWATIKTA Tado Singkalan - "Menapak Jejak, Mematri Semangat, Mengunggah dan Melestarikan Peradaban Nusantara"

Garda Wilwatikta