G A R D A W I L W A T I K T A

Blog ini bertujuan sebagai wadah/sarana ilmu pengetahuan, sejarah, mitos, dan juga pencarian jejak-jejak peradaban peninggalan Kerajaan-kerajaan di Nusantara.
Silahkan bagi yang ingin mengikuti komunitas ini kita bisa belajar bersama-sama, karena kami juga sangat minim pengetahuan, dan diharapkan kita bisa sharing berbagai informasi tentang sejarah yang ada di Nusantara ini...

Laman

29 Desember 2015

JEJAK PERADABAN DI DUSUN SERBO

   Dalam Naditira Pradesa, yaitu catatan prasasti tentang pelabuhan sungai yang ada di Sungai Brantas dan Sungai Bengawan Solo, salah satunya di sebutkan ada nama Pelabuhan Sungai Sarbha yang merupakan pelabuhan penyeberangan.

   Secara administratif Dusun Serbo terletak di Desa Bogempinggir Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo, juga terletak di pesisir selatan Sungai Mas. Menurut informasi dan penelusuran kami, bahwa di sekitar pemakaman umum Dusun Serbo yang bersambung dengan pemakaman umum Dusun Bogempinggir adalah bekas Pelabuhan Sarbha.


   Dugaan kami adalah bahwa di pemakaman Serbo maupun di pemakaman Bogempinggir terdapat bata-bata kuno yang beralih fungsi menjadi batu nisan. Dan informasi yang kami terima dari seorang juru kunci kedua pemakaman tersebut, bahwa setiap kali ada warga yang meninggal dunia maka akan digali lubang untuk memakamkan, dan kebanyakan dalam penggalian tersebut ditemukan bata-bata kuno, baik yang berserakan ataupun yang berbentuk struktur pondasi kuno. Kebanyakan bata-bata tersebut diangkat ke permukaan dan dijadikan sebagai batu nisan, dan ada juga yang sekedar ditumpuk di sebelah utara pemakaman.


   Bukti arkeologis bata-bata kuno yang berada tepat di pesisir selatan Sungai Mas tersebut, dan juga melihat disekitar lokasi yang sangat dekat dengan sebuah desa yang bernama Penambangan yang kemungkinan berasal dari nama Panumbangan, juga ada lagi sebuah desa yang bernama Jeruk Legi yang diduga berasal dari nama Jruk yang merupakana salah satu pelabuhan penyeberangan sungai yang terdapat dalam Naditira Pradesa.

   Sebelah barat utara dari Dusun Serbo adalah kawasan yang diduga tempat Pelabuhan Canggu yang sekarang ada di Dusun Pelabuhan Desa Canggu Kecamatan Jetis - Mojokerto. Jadi diduga keras bahwa area di sekitar pemakaman Serbo dan Bogempinggir ini adalah Pelabuhan Sarba.


   Sekitar 300 meter sebelah timur pemakaman Serbo, kami mendapat informasi bahwa dahulu kala sekitar tahun 1980-an pernah ditemukan sebuah perahu berjadik, ketika itu ada penambangan pasir yang mengeduk pasir sehingga nampak jadik dari sebuah perahu, namun entah mengapa tidak ada kabar dan beritanya lagi. Sekarang tempat itu telah menjadi lembah Sungai Mas yang ditanami pohon Sengon.

Berikut foto-foto dari penelusuran kami



>>>Lihat juga di Youtube

    Demikianlah yang dapat kami sampaikan dari penelusuran di Dusun Serbo, kurang lebihnya mohon maaf, terimakasih...
Share:

1 komentar:

  1. sebagai anak cucu leluhur tak lupa akan melestarikan budaya Leluhur Nusantara

    BalasHapus

Komunitas Pecinta Sejarah dan Budaya - GARDA WILWATIKTA Tado Singkalan - "Menapak Jejak, Mematri Semangat, Mengunggah dan Melestarikan Peradaban Nusantara"

Garda Wilwatikta